image_20170615_174400_260

Harga Genset Murah Yang Tepat Untuk Industri

Genset merupakan singkatan dari generator set yang memiliki arti sebagai mesin yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi mekanik melalui proses induksi elektromagnetik. Genset mengambil energi mekanis dari prime mover. Untuk harga genset murah, sama seperti genset lain mesinnya yang biasa dikenal dengan sebutan lain yaitu sistem generator penyaluran ini terdiri dari suatu generator listrik yang terdiri dari panel, energi solar, dan dilengkapi kincir angin yang penempatannya terletak pada suatu tempat. Fungsi utama dari genset dapat digunakan sebagai sistem cadangan listrik atau “off grid” dengan penggunaan sumber daya tergantung pada kebutuhan pemakai. Kapasitas genset sangat beragam mulai dari yang terkecil 10 kVa hingga yang terbesar mencapai 2000 kVa. Generating Set Supply dapat bekerja 10 detik dan lampu bisa nyala kembali setelah listrik di switch ke genset.

Aliran listrik ini ditopang oleh Automatic Voltage Regulator (AVR). Tetapi tidak semua genset didukung oleh tersedianya AVR. Biasanya hanya jenis genset yang dibeli dengan harga mahal yang di dukung AVR, belum tentu pada harga genset murah. Komponen AVR terdapat MT atau Mutual Reactor yang bentuknya sejenis CT yang dapat menghasilkan arus listrik hanya sesuai besaran arus beban yang melaluinya. Dengan perkembangan zaman yang terbilang cukup pesat, sudah cukup banyak jenis genset dengan berbagai macam jenis atau tipe yang beredar di pasaran. Meski tipe yang tersedia sangat jauh berbeda antara yang satu dengan yang lain, namun tujuan utamanya tetap untuk bisa menghasilkan listrik.

Hanya saja yang membedakan terletak pada fungsi yang akan dihasilkan. Jika anda seorang pengusaha yang memiliki bisnis seperti restoran, pabrik kecil, tower crane dengan kapasitas 10-15 ton, atau ruko 4 lantai anda dapat menggunakan genset kapasitas 40 kVa dengan harga genset murah. Merk mesin dan generator yang anda gunakan sangat berpengaruh kepada hasil yang di dapatkan. Industri sebagai tempat manusia mengolah bahan mentah menjadi bahan bahan jadi menjadi badan atau objek yang paling sering menggunakan bahkan membutuhkan genset yang mempercayakan sumber daya yang mendukung dan baik. Terlebih untuk industri yang letaknya di daerah pedesaan yang tidak memiliki akses yang memadai untuk menghasilkan listrik. Generator kapasitas 40 kVa dapat terpasang satu poros dengan motor diesel.

Biasanya motor diesel ini menggunakan alternator pada pembangkitan. Generator sinkron yang terdapat pada genset 40 kVa terdiri atas dua bagian, yaitu pertama sistem medan magnet dan yang kedua bagian jangkar. Untungnya generator ini memiliki kapasitas yang besar dan terletak pada rotor sehingga medan magnet dapat berputar sehingga harga genset murah jadi sesuai. Bahan bakar untuk genset 40 kVa masih menggunakan gas dari olahan hasil bumi seperti CNG. Berbeda dengan penggunaan bahan bakar gas LPG, untuk penggunaan CNG ini sebuah industri harus membangun sebuah infrastruktur yang bisa memfungsikan gas melewati pipa-pipa gas untuk dapat menghasilkan energi yang diinginkan. Meski biaya yang akan dikeluarkan tidaklah murah, tetapi keuntungan yang diperoleh dapat dirasakan dalam jangka waktu yang lama.




There are no comments

Add yours